Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, November 8, 2009

Membangun bisnis kecil yang menguntungkan

Di jaman krisis global solusi yang paling efektif adalah membangun bisnis dan bisnis yang bagaimana yang bisa anda bangun sehingga anda bisa mencapai sukses dalam waktu singkat dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi.

menjadi pengusaha berarti anda bisa memiliki kebebasan waktu dan lebih berdikari. Pengusaha tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dalam ruangan rapat dan keluar di sore hari, lelah dan belum mencapai kesepakatan. semua itu merupakan masa lalu ketika bekerja dari jam 9 - 5 sore. 

kelebihan dari berbisnis adalah anda bisa mendapatkan manfaat dari pengembalian pajak (tax Return) dan keuntungan lain yang terkadang tidak diperhatikan orang.

karena anda tidak lagi mendapatkan pendapatan tetap atau fix income dari gaji maka anda bisa menyesuaikannya dari produk dan jasa yang anda tawarkan di pasaran.


I. Memilih Bisnis yang sesuai

A.Mengapa bisnis kecil?

Biasa didefinisikan sebagai independen Bisnis Owner (IBO) yang berarti memiliki suatu bisnis dengan modal kecil, pendapatan sedang dan cenderung meningkat dan memiliki hanya beberapa pegawai.

B.menentukan Kriteria yang cocok.

Identifikasi resiko dan beban lainnya dalam menentukan kriteria yang cocok bagi produk dan jasa anda :

- Pilih produk dan servis yang cocok dengan kebutuhan manusia dan bisa di jual secara berkala.

- Harus memilih dan menentukan segmen pasar yang tepat dan tidak terlalu besar pada awal memulai.

- Bisnis awal harus murah/tidak mahal, hemat energi, iklan tidak terlalu mahal dan overhead rendah.

- Bisnis awal harus memiliki sedikit pegawai tetapi penjualan yang cukup signifikan untuk menunjang roda perusahaan terus berputar

- Anda harus memiliki produk yang berbeda dan tidak gampang di tiru

- Fokus pada pendapatan secara cash, usahakan tidak memberi kredit atau hutnag kepada pihak manapun.

- Pilih bisnis yang bisa dipindahkan apabila diperlukan.

- Pilih Bisnis yang anda sukai dan sudah mengerti sebelumnya.


C. Perhitungan Resiko

Walaupun bisnis kecil memiliki resiko tinggi tetapi bila dikelola dengan kriteria diatas maka akan memberikan masukkan yang besar dan akan terus berkembang.

D. Kemana perkembangan selanjutnya akan menuju?

Bila anda sudah mulai mendapatkan penghasilan yang banyak jangan hanya berhenti di sana karena bisnis selalu berubah jadi anda harus belajar dan menganalisa kemana trend dan perkembangan bisnis akan menuju dimasa mendatand. Selalu persiapkan diri dan bisnis anda dalam menghadapi tantangan.



II. Memilih Manajer dan karyawan inti

Berikut ini tip-tips dalam memilih orang yang bisa membawa perusahaan kearah yang lebih baik dan besar:

- dalam membaca resume yang ada, pilih orang yang sudah berpengalaman di bisnis kecil dan menengah dan periksa juga latar belakang pendidikan mereka

- latar belakang pendidikan walaupun tidak menjamin tetapi tetap menjadi prioritas dalam pemilihan karyawan. Utamakan pelamar yang memiliki pendidikan sesuai dengan lowongan yang anda buka dan memiliki pengalaman kerja di perusahaan yang hampir sama dengan anda.

- proses wawancara sangat penting. Anda akan bisa melihat first impresion (kesan pertama) dari orang tersebut, karena di dunia bisnis first impression sangatlah penting terutama bila karyawan tersebut anda tempatkan di posisi yang berhubungan dengan orang banyak dan perusahaan-perusahaan lain.

- apabila dalam wawancara anda mendapatkan kejanggaan seperti penampilan serampangan, ketika di tanya tidak bisa menjawab dengan jelas dan terkesan menutupi sesuatu, anda tidak perlu berpikir dua kali untuk membuang aplikasinya ke tempat sampah.


III. Buka Komunikasi dengan Karyawan anda

Selalu sempatkan diri untuk menemui karyawan anda di luar ruangan meeting dan lihat apa yang mereka lakukan dan beritahukan bahwa apa yang mereka kerjakan sangatlah penting bagi perusahaan. karyawan harus di puji bila melakukan sesuatu dengan benar sekaligus meningkatkan semangat dan moral kerja mereka.

Disarankan juga menciptakan suatu jalan bagi karyawan-karyawan level bawah untuk bisa berkomunikasi dengan anda untuk menyampaikan ide-ide dan saran yang mungkin bisa digunakan oleh perusahaan baik melalui anda, manager anda atau melalui kotak saran yang bisa dimasukkan oleh level mana pun juga. Pengumuman di tempatkan di bulletin board agar seluruh karyawan bisa membaca dan mengingat pesan yang ingin anda sampaikan.



IV. Komunikasi dengan Baik

Dalam berkomunikasi menggunakan surat ada 5 syarat yang harus anda ketahui:

1. Menulis seperti ketika anda bicara

2. Tidak perlu menuliskan surat bisnis yang bertele-tele, tuliskan berapa paragraf pendahuluan dan langsung masuk pada permasalahan.

3. Edit dan teliti surat anda sebelum anda mengirmkannya. buang kalimat yang tidak penting dan pertajam tujuan anda sehingga penyampaian anda tidak bertele-tela dan langsung diketahui oleh penerima.

4. Anda harus mengetahui kepada siapa anda berkoresponden, jangan menggunakan terlalu banyak kata-kata teknikal yang tidak dimengerti oleh orang lain.


5. Di akhir surat, terangkan dalam kalimat singkat apa yang anda inginkan dan apa yang bisa didapat oleh si penerima surat.


V. promosikan Kekuatan perusahaan anda (company strength)

Untuk masuk lebih jauh dalam kegiatan penjualan perusahaan anda harus fokus pada 3 area sebagai berikut :

1. Apa posisi pasar anda saat ini dan posisi pasar apa yang anda inginkan dimasa mendatang?

untuk menentukan dan mendapatkan segmen pasar anda harus merencanakan pekerjaan, konsentrasi pada pengiriman produk yang tepat waktu dan produk yang berkualitas

2. Produk apa yang memberikan keuntungan terbesar dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan atau dibuatkan produk sempalannya.

mengikuti hukum paretto 80-20 rule, anda akan mendapatkan bahwa 20% dari produk anda menghasilkan 80% dari keseluruhan pendapatan perusahaan.


3. Apa yang dilakukan oleh kompetitor anda.

Anda harus tetap memonitor kompetitor anda dan selalu satu-dua langkah didepan kompetitor anda.


4. bagaimana bisa menghasilkan penjualan lebih banyak?

tidak ada kata lain, BERIKLAN. Promosi dan iklan merupakan cara paling efektif. pastikan bahwa iklan anda di media cetak maupun media lainnya mecapai sasaran yang tepat dan mengkonvert orang untuk membeli dalam persentase yang berimbang dengan uang iklan yang anda keluarkan.

5. Pelajari reaksi pasar setelah menerima produk dan servis anda, apa reaksi mereka?

Anda harus mengetahui reaksi pasar setiap launching produk maupun servis anda.


Akhir Kata (PENUTUP)


Semoga poin-poin yang disampaikan dalam ringkasn ini bisa bermanfaat dalam mengarungi bisnis kecil anda untuk menjadi bisnis yang lebih besar di masa mendatang. Kesempatan dan peluang terbuka lebar bagi pengusaha, jadi anda harus cekatan dan penuhi impian anda. Jangan lupa untuk tertawa, karena akan tertawa menuju kesuksesan anda.

(Disarikan dari buku : Successs in Small Business ia a Laughing matter - J.Phillip L. Johnson)

Salam sukses dan tetap semangat



Hermanto

 

Build a profitable small business 

In times of global crises of the most effective solution is to build a business and how business can you get up so you can achieve success in a short time with high efficiency and high effectiveness. 

to be an entrepreneur means you can have freedom of time and more independent. Employers do not have to spend long hours in a meeting room and out in the afternoon, tired and had not reached agreement. all that is past when working from 9 - 5 pm. 

advantages of doing business is you can benefit from the tax return (tax return) and other benefits that are sometimes not noticed. 

because you no longer get a fixed income or fixed income from salary then you can customize the products and services you offer in the market. 


I. Choosing the appropriate business 

A. Why small businesses? 

Moderate is defined as an independent Business Owner (IBO) which means having a business with little capital, and income are likely to increase and has only a few employees. 

B.menentukan matching criteria. 

Identification of risks and other expenses in determining the appropriate criteria for your products and services: 

- Select the products and services that fit the needs of humans and can be sold on a regular basis. 

- Must choose and determine the appropriate market segments and not too big on the early start. 

- Business beginning must be cheap / not expensive, energy-efficient, inexpensive advertising and low overhead. 

- Business beginning to have some employees but significant enough sales to support the company continues spinning wheel 

- You must have a different product and is not easy in the echoes 

- Focus on the cash income, try not to give credit to any party hutnag. 

- Choose a business that can be moved if necessary. 

- Select a business you like and have understood before. 


C. Risk Calculation 

Although small businesses have a high risk, but if managed with the above criteria will provide a large enter and will continue to grow. 

D. Where further development would lead? 

If you already started to earn a lot do not just stop there because the business is always changing so you have to study and analyze trends and developments where the business will be headed mendatand period. Always prepare yourself and your business in the face of challenges. 



II. Managers and employees selecting core 

Here is a tip-tips in choosing someone who could bring the company towards a better and greater: 

- In reading resumes, select people who have had experience in small and medium businesses and also check their educational background 

- Educational background, although not guaranteed, but remains a priority in the selection of employees. Prioritizing the applicants who have the education in accordance with the vacancies that you open and have work experience in companies similar to you. 

- The interview process is very important. You will be able to see first impresion (first impressions) of that person, because in the business world first impression is very important especially if you place the employee in the position associated with the crowds and other companies. 

- If you get the interview as kejanggaan haphazard appearance, when the question can not be answered clearly and seem to cover up something, you do not have to think twice to remove the application in the trash. 


III. Open Communication with your Employees 

Always sempatkan themselves to meet your employees outside the meeting room and see what they are doing and let you know that what they are doing is very important for the company. employees should be praised when doing something right while increasing morale and morality of their work. 

Also recommended creating a way for employees on lower levels to communicate with you to convey ideas and suggestions that might be used by either through your company, your manager or through the suggestion box that can be entered by any level as well. Announcements placed on bulletin boards so that all employees can read and remember the message you want to convey. 



IV. Good communication with 

In a letter to communicate using 5 terms you should know: 

1. Writing like when you talk 

2. No need to write a business letter that long-winded, write down how many introductory paragraphs and go straight to the problem. 

3. Edit your letters and carefully before you mengirmkannya. remove unnecessary sentences and sharpen your goals so that your submission does not beat around the palm and instantly known by the recipient. 

4. You need to know to whom you correspond, do not use too many technical words that are not understood by others. 


5. At the end of the letter, explain in short sentences what you want and what can be gained by the recipients. 


V. Strength promote your company (company strength) 

To go further in your company's sales activities must focus on the following 3 areas:

1. What is your current market position and market position of what you want the future? 

to determine and obtain the market segments you should plan the work, concentrating on product delivery on time and product quality 

2. What products provide the greatest benefits and have great potential to be developed or made sempalannya products. 

paretto 80-20 follow the rule of law, you will find that 20% of your products generate 80% of total company revenues. 


3. What do your competitors. 

You must still monitor your competitors and always a step or two in front of your competitors. 


4. how to generate more sales? 

no other words, ADVERTISE. Promotion and advertising is the most effective way. make sure that your ads in print or other media mecapai appropriate targets and Convert people to buy in a balanced percentage of advertising money you spend. 

5. Learn the market reaction after receiving the product and your services, what their reaction? 

You must know the market reaction to each launch your product or service. 


End word (CLOSING) 


Hopefully the points presented in this ringkasn could be useful in small business navigate you to become a bigger business in the future. Opportunities and open opportunities for entrepreneurs, so you must be nimble and your dreams fulfilled. Do not forget to laugh, because it will laugh to your success. 

(Excerpted from the book: Small Business Successs in it a Laughing Matter - J. Phillip L. Johnson) 

Greetings and keep the spirit of success 



Hermanto

0 comments:

Post a Comment