Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, June 17, 2013

BACKPACKING KE SINGAPORE VIA SURABAYA

Liburan ke singapore ?
Siapa bilang liburan ke negeri singapura mahal? Saya akan membahas sedikit tentang liburan ke singapura dari surabaya. Dari surabaya sudah banyak maskapai yang memebrikan low budget seperti tiger, airasia atau jetstar. Untuk  melihat rate dari ketiga maskapai tersebut bisa mengunjungi website masing-masing. Bisanya ketiga maskapai tersebut memberikan promo berkisaran mulai 150rb-400rb untuk sekali jalan dan jika anda beruntung dengan mendapatkan promo airasia yaitu free seat maka anda hanya membayar pajak saja atau biaya bahan bakar jika di perlukan. Tip untuk mendapatkan tiket dengan harga terjangkau maka anda sebaiknya berlanganan new letter dari masing-masing maskapai tersebut serta ikuti mereka melalui social media yang dimilikinya.
Setelah anda mendapatkan tiket jangan lupa passport anda karena untuk dapat pergi ke singapore anda memerlukan passport sebagai identitas anda di Luar negeri, passport ini  untuk proses pembuatannya sekitar  5-15 hari dengan harga berkisar 480 – 1jt-an tergantung dari tempat anda membuat, jika anda ingin hemat anda bisa mengurus sendiri di kantor imigrasi surabaya dengan biaya kurang dari 500rb.
Untuk pergi kesingapore anda tidak memerlukan VISA jadi anda hanya menyiapkan passport saja dan tiket P/P tentu saja untuk pergi ke singapore anda tidak harus pergi direct ke singapore atau langsung p/p ke singapore bisa jadi anda berangkat melalui johor bharu, thailand atau pulang dengan sebaliknya tergantung budget hemat anda. Tapi jika memang hanya singapore saja negara yang ingin anda kunjungi anda dapat membeli tiket P/P sekaligus direct  flight  ke singapore.
Hari pertama
Setelah tiket dan pasport siap maka tinggal membudget kan biaya yang akan di keluarkan di singapore, setalah sampai di changi airport dapat membeli EZlink card. Kartu ini digunakan untuk membayar MRT, Bus saat menuju ke sentosa . kartu ini bisa dibilang sangat bermanfaat sekali harga kartu ini adalah 12SGD harga kartunya saja 5 SGD dan 7 SGD untuk balance nya. Untuk biaya dari changi airport  ke Bugis  sekitar 1.5 SGD.  Dan untuk makan di daerah bugis  rata-rata nasi yang di jual 2.3 – 5 SGD biasanya harga akan tertera di depan masing-masing stand silahkan anda memilih makanan yang ekonomis menurut selera anda. Setelah makan di bugis dan jalan-jalan anda sebaiknya mencari hostel sebgai tempat tinggal selama di singapore. Untuk hotel bisa di peroleh di jalan sultan, ada berbagai macam pilihan hotel mulai dengan harga 10 SGD sampai dengan 200 SGD / malam, untuk memilih hotel yang sesuai dengan kantong anda sebaiknya anda mengumpulkan referensi cadangan hotel melalui internet dulu, atau bisa lewat agoda atau lainnya. Lalu untuk makan malam anda bisa pergi ke singapore zam-zam dengan kisaran harga 7 – 20 SGD  biasanya tempat ini sangat ramai dikunjungi orang. Dan jika anda ingin memakai fasilitas internet di singapore maka bisa membeli kartu sing tel dengan harga sekitar 12 SGD dengan begitu anda bisa memakai FB, Whats app namun untuk memakai full service anda harus mengeluarkan biaya  sekitar 15 SGD untuk paket kurang lebih 7 hari dan anda bisa melanjutkan jalan-jalan ke War memorial park, Tan kim seng fountain, St. Andrews cathedral, Esplanade dan terakhir yang terakhir Marina bay. Anda juga dapat mencoba makan steam bot dan chicken gong bao.untuk fish steam bot 18 SGD dan ayam gongbao 10 SGD, kalo anda hanya pergi ber 2 sebaiknya jangan memesan makanan steam bot deh, soalnya porsinya terlalu banyak.

bugis junction
bugis street
Esplanade
Esplanade


Hari ke dua
Untuk hari kedua anda bisa checkout dari hotel dan pindah ke hotel di daerah china town dari MRT bugis menuju pemberhentian Qutram park. MRT dari bugis ke Qutram park sekitar 0.83 SGD dan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki menuju china Town disini anda dapat mencari hostel disini hostel berkisaran 30SGD sampai dengan 50 SGD dan 1 kamar bisa diisi sampai dengan 14 orang untuk di woke home harga 30 SGD – 35 SGD/Night dan five stone hostel seharga 35 SGD/Night bisa 8 orang . Untuk ke china town anda bisa jalan kaki sekitar 15 menit. Ada kedai makanan yang namanya namanya mei heong yuen dessert di jalan temple street 63-67 yang sangat ramai (saran saya ga ada salahnya mencoba, jika tempat itu ramai, kemungkinan besar memang enak) bisa mencoba makan es krim mangga stroberi seharga 6 SGD.
Dan jika budget anda masih mencukupi sekitar 40 – 200 SGD anda bisa mencari destinasi menarik lainnya di singapore seperti Art and Science Museum, the art of the brick, Marina Bay, Universal Studio, Big Merlion.

Semoga bisa memberi gambaran sebelum anda melakukan Travelling ke singapore dan menyusun itinerary.

0 comments:

Post a Comment