Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, August 18, 2009

Rich Dad Poor Dad - Robert Kiyosaki

Satu lagi buku laris Rich Dad Poor Dad - Robert Kiyosaki yang di impor dari email facebook aku..

Ide Keseluruhan (Big Idea)

Financial Literacy = Financial Independence

Rich dad poor dad menceritakan seorang anak dimasa kecilnya memiliki dua orang ayah. satu ayah biologis yang ia sebut ayah Miskin dan satunya adalah ayah dari teman baiknya yang kaya raya.

Ayah kaya mengajarkan pelajaran tak ternilai harganya tentang uang dan mengajarkannya lewat pengalaman.

Pelajaran yang paling penting adalah bagaimana menggunakan kepala anda, berpikir kreatif dan meluangkan waktu untuk Menciptakan kekayaan dan keluar dari "rat race" atau jebakan kemiskinan. Belajar melihat peluang, mempersiapkan diri, menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada,urus bisnis anda sendiri (Mind your own Business) dan belajar untuk membuat uang bekerja bagi anda.

Kata-kata mutiara Rich Dad;
- Anda adalah apa yang anda pikirkan
- Pekerjaan (Job) adalah solusi jangka pendek untuk maslah jangka panjang
- Buruh yang dibayar mahal tetap saja "Buruh"
- Untuk apa mengejar tangga karir bila anda bisa menciptakan tangga karir anda sendiri

Ada suatu dorongan, kebutuhan untuk perubahan dijaman yang tengah berkembang saat ini. pelajaran di sekolah saat ini lebih menekankan agar para siswa mencari kerja dan bekerja dengan baik setelah lulus. Sama sekali tidak di singgung dan diajarkan untuk mandiri dan berwiraswasta bahwa di sekolah bisnis pun hanya dianjurkan untuk bekerja di perusaan besar.

Robert menyarankan sekarang saatnya bagi tiap orang untuk meraih sukses dan bebas secara finansial dengan menjadi Bisnis Owner atau pemilik bisnis.


6 Pelajaran utama :

1. Orang kaya tidak bekerja untuk uang
Orang kaya tidak bekerja untuk uang tetapi untuk suatu pegalaman dan pembelajaran semata.

2. Mengapa diperlukan financial literacy (melek secara financial)

Karena pelajaran satu ini tidak diajarkan di sekolah mana pun juga. Pembelajaran gaya lama juga terbukti gagal untuk mengajarkan para siswa untuk mengembangkan kekayaan mereka. yang ada hanyalah bekerja dengan baik dengan harapan tiap thun gaji bisa dinaikkan sebesar 10-20% padahal inflasi lebih dari kenaikan gaji.

Orang menjadi semakin kaya karena mereka mengumpulkan aset sedikit demi sedikit dan menginvestasikan uang mereka untuk menghasilkan lebih banyak lagi sehingga pendapatan mereka lebih besar dari pengeluaran mereka.

3. Urus bisnis anda sendiri

Robert bekerja di perusahan Xerox dan sebagian penghasilannya ia gunakan untuk membeli properti. Setelah tiga tahun pendapatan dari propertinya lebih besar dari pendapatan gajinya di Xerox, lalu ia berhenti bekerja dan mengurus investasinya full time.

Pelajaran paling berharga, sisihkan sebagian uang anda untuk berinvestasi dan ingat pepatah 'SEDIKIT DEMI SEDIKIT MENJADI BUKIT" selama anda berinvestasi walaupun sedikit asal rutin pasti suatu saat akan menjadi besar.

4. Sejarah Pajak dan Kekuatan Perusahaan

Belajar bagaimana memanfaatkan celah pajak dengan membangun perusahaan. Secara perorangaan anda tidak akan bisa memanfaatkan celah pajak tetapi hal tersebut bisa and lakukan apabila anda memiliki perusahaan.

5.Orang kaya menginvestasikan uangnya

dengan mengetahui celah investasi ala rich dad maka seharusnya anda berinvestasi dengan gaya rich dad.

2. Macam Investasi

a. Membeli paket investasi termasuk asuransi kesehatan dan paket asuransi sekolah bagi anak anda

menurut robert investasi semacam ini hanyalah akal-akalan perusahaan asuransi karena yang sangat diuntungkan bukan anda melainkan agen dan perusahaan asuransi

b. menjadi investor profesional

Mengatur sendiri investasi anda. merancang deal-deal dari komponen yang berbeda-beda dan peluang yang berbeda untuk memaksimalkan investasi anda. Belajar mengidentifikasi investasi yang luput dari pandangan orang lain.


6. Bekerja untuk belajar - jangan bekerja untuk uang

steve Jobs CEo Apple Computer merupakan contoh terbaik. Ia tidak menerima gaji bulanan sebagai CEO tetapi ia mendapatkan keuntungan lain dalam bentuk kenaikan saham perusahaannya yang berarti kenaikan dalam investasinya.

Hingga saat ini pendidikan di sekolah belum mampu menciptakan lulusannya untuk berwiraswata di sisi lain rich dad mengajarkan robert untuk berwiraswasta dan menginvestasikan uangnya dalam bentuk investasi jangka panjang baik itu real estate, surat berharga maupun Logam Mulia. setelah tiga puluh tahun lebih nasehat dan ajaran rich dad terbukti bisa membuat orang menjadi kaya.

Sementara banyak rekan-rekan robert yang pintar di sekolah masa bersusah payah mengejar jenjang jabatan di perusahaan sedangkan robert sendiri telah bebas secara financial lebih dari lima belas tahun yang lalu dan hingga saat ini robert masih aktif mengajarkan ajaran rich dad ke seluruh dunia.

Disarikan dari buku Rich Dad Poor Dad

 

Di tulis ulang oleh:

Candra Setyo W

Internet marketer

http://bisnispulsa.web.id

 

0 comments:

Post a Comment