Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, June 3, 2010

Seberapa Manjur Wortel untuk Mata

Anggapan yang selama ini beredar mengenai wortel dan kesehatan mata ada benar tapi juga ada salahnya

Anggapan yang selama ini beredar mengenai wortel dan kesehatan mata ada benar tapi juga ada salahnya.Mampukah wotel membantu meningkatkan penglihatan mata..??.Selama ini orangtua seringkali menyuruh anaknya untuk mengonsumsi wortel karena dipercaya dapat membuat mata menjadi sehat.

Padahal wortel tidak akan meningkatkan ketajaman visual seseorang yang sudah memiliki penglihatan yang kurang sempurna. Tapi vitamin yang terkandung di dalam wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh.

Sayuran wortel mulai terkait dengan kesehatan mata sejak Perang Dunia II. Pada saat itu diceritakan bahwa pilot pesawat tempur John Cunningham memiliki penglihatan terbang yang bagus di malam hari setelah rajin mengonsumsi wortel. Menanggapi cerita ini, akhirnya banyak orang yang rajin mengonsumsi wortel agar bisa memiliki penglihatan sempurna.

Seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (2/6/2010) wortel mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu zat yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A (salah satu gizi penting untuk kesehatan mata).

Senyawa beta karoten adalah pigmen karotenoid yang ditemukan pada sayuran serta buah-buahan yang berwarna oranye. Beta karoten ini merupakan prekursor penting bagi pembentukan vitamin A. Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin A ekstrem bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan di beberapa negara berkembang, kekurangan vitamin A menjadi penyebab utama kebutaan.

Selain itu kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan xeroftalmia, kondisi mata tidak bisa lagi memproduksi air mata, mengalami kekeringan di mata, pembengkakkan kelopak mata dan gangguan kornea.

Namun jika gangguan mata yang dialami bukan akibat kekurangan vitamin A, maka kondisi penglihatan tidak akan berubah meskipun seseorang mengonsumsi wortel dalam jumlah besar.

Wortel bukanlah satu-satunya sayuran yang mengandung beta karoten untuk membantu kesehatan mata, makanan lain seperti ubi jalar, mangga, aprikot dan labu juga merupakan sumber beta karoten. Selain itu juga termasuk susu, keju, kuning telur dan hati.

Sayuran-sayuran itu mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama lutein. Makanan yang mengandung kaya lutein dapat meningkatkan kepadatan pigmen dalam macula, yaitu daerah berwarna kuning yang berbentuk oval dan terletak di dekat retina mata.

Semakin besar kepadatan pigmen dalam macula, maka retina mata akan semakin terlindungi dengan baik dan mengurangi risiko degenerasi macula.

Jadi, jika gangguan mata yang dialami akibat kekurangan vitamin A maka mengonsumsi wortel bisa membantu memperbaiki kesehatan mata. Tapi jika tidak disebabkan oleh gangguan vitamin A, maka kemungkinan konsumsi wortel berlebih tidak akan memberikan pengaruh. Meski demikian tidak ada salahnya untuk tetap mengonsumsi wortel secara rutin untuk memenuhi asupan vitamin A bagi tubuh.

Candra/KF/v/dhealth

0 comments:

Post a Comment